BENGKEL AC MOBIL SURABAYA CALL: 0853 800 333 25 – Cara Upgrade AC Mobil Double Blower Untuk Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga Single Blower

Aplikasi AC double blower adalah langkah paling tepat untuk mobil saat ini. Tetapi kadang harga mobil untuk kela LCGC menjadi lebih mahal dengan aplikasi double blower. Tidak heran apabila line up product mobil keluarga sering menanggalkan piranti ini untuk mereduksi harga jual kendaraan supaya lebih terjangkau. Umumnya ia bakal ada pada entry level dari deretan product seperti yang dikerjakan Honda Mobilio serta Suzuki Ertiga. Juga generasi awal entry level Nissan Evalia serta Honda Freed, Toyota Avanza  juga belum menyematkannya untuk beberapa tipe mobil prodiksi mereka.

Namun apabila Anda mengingin­kannya, pemasangan AC double blower barangkali dikerjakan. Sebagian bengkel AC dapat menangani persoalan itu dengan memberikan double blower pada Suzuki Ertiga serta Honda Mobilio yang tetap memakai single blower. Bisa saja bila mau menempatkan double blower pada Ertiga serta Mobilio, tetapi banyak part yang perlu ditukar pada seputar kabin.

Kenyamanan jadi proritas utama untuk suatu mobil keluarga waktu ini. Satu diantaranya yaitu meyakinkan system AC di mobil dapat terdistribusi rata di semua kabin. Tidak heran apabila bermacam langkah dikerjakan produsen mobil untuk mendinginkan kabin mobil keluarga di Indonesia. Dan yang perlu di perhatikan untuk lakukan up-grade double blower pada Mobilio serta Ertiga:

Plafon

Untuk ke-2 mobil itu, sudah memakai double blower yang terintergrasi dengan plafon. Harus Anda juga mesti lakukan pergantian plafon untuk menempatkan double blower pada Mobilio serta Ertiga.

Ada perbedaan antara Ertiga, Mobilio untuk jenis S sudah ada space pada plafon untuk menempatkan double blower. Jadi dapat dimodifikasi dengan melubangi plafon untuk keluarkan angin sejuk lewat kisi-kisi AC. Namun bila mau tampak lebih rapi, kami merekomendasikan untuk lakukan pergantian plafon.

Blower Tambahan

Sesungguhnya saat beli satu set double blower telah seputar 70% part yang telah dibeli. Hal semacam itu karena didalam ducting double blower sendiri telah ada evaporator, blower, expansion valve serta saklar. Hingga Anda telah memiliki part set untuk mensupport pemasangan double blower.

Diluar itu, Anda membutuhkan wiring penambahan untuk menyambungkan arus listrik ke sisi depan. Hingga double blower dapat aktif untuk dipakai.

Bikin Saluran Pembuangan Air

Tak hanya plafon, hal yang menyusahkan kan setelah itu adalah bikin saluran pembuangan air. Hal semacam ini mesti dikerjakan mengingat telah sewajarnya evaporator keluarkan air lantaran ada peroses inginbunan.

Anda juga mesti bikin jalur pembuangan air supaya tak menumpuk di blower serta menetes di kabin. Umumnya pilar B lah sebagai tempat untuk pembuangan air itu.

Bermodal selang, Anda juga mesti melubangi sisi dek bawah pilar B untuk buang air itu keluar supaya tak bikin korosi pada mobil.

Menambahkan Froen/Refrigerant

Biasanya untuk mobil single blower memakai refrigerant dengan desakan sebesar 25-30 Psi. Lantaran ada menambahkan blower, maka jalur refrigrant juga butuh diparalel. Dampaknya menambahkan jalur yang lebih panjang, bikin jumlah refrigerant juga jadi semakin banyak juga.

Untuk mobil memakai double blower umumnya memakai desakan refrigerant sampai 40 psi. Hal semacam ini manfaat memaksimalkan pendinginan yang didapatkan dari kompresor ke dalam kabin.

Note
Pemasangan double blower pada Ertiga serta mobilio single blower memanglah tidakakan mengakibatkan rusaknya fatal pada mobil itu. Cuma saja, Anda bakal kehilangan garansi disebabkan modifikasi yang dikerjakan. Baca disini untuk mengetahui Cara Isi Freon AC Mobil Anda

Selain itu konsekwensi yang Anda terima adalah Anda mesti mengocek kantung lebih dalam pastinya. Lantaran untuk menempatkan double blower pada mobil itu, Anda mesti mempersiapkan uang seputar Rp 8 juta untuk hasil maksimal.

Note 2

Untuk Informasi Bengkel AC Mobil yang melayani pemasangan AC Mobil double blower untuk Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga ini silahkan Hubungi no HP. 0853 800 333 25 atau klik alamat blog bengkelnya di https://omegaacmobilsurabayablog.wordpress.com

Artikel Sumber: teknovanza.com

Thermostat – Termostat AC Mobil – Call. 0852 5858 6262

Thermostat – Termostat AC Mobil

Bagian pipa kontrol temperatur diisi dengan cairan yang sensitif terhadap perubahan suhu evaporator dan pipa itu dihimpitkan dengan pipa evaporator. Bila temperatur evaporator naik, maka tekanan cairan dalam pipa kontrol juga akan naik sampai kontak pemutus hubungan sehingga compresor dapat bekerja sampai suhu evaporator turun lagi. Tekanan cairan pipa control juga kan turun demikian seterusnya.

THERMOSTAT

THERMOSTAT

Keterangan :

A. Terminal

B. Pipa Control Temperatur

C. Selektor Temperatur ( pengatur temperatur )

Lama compresor bekerja dapat diatur dengan memutar selektor temperatur. Hal ini berarti tekanan cairan dalam pipa kontrol diimbangi dengan tekanan pegas. Jenis lain dari thermostat ini adalah model thermistor yang biasa berfungsi bersama unit control sistem AC.

Nyalakan AC Mobil anda saat RPM rendah – Call. 0852 5858 6262

Nyalakan AC Mobil anda saat RPM rendah

 

Bila kita ingin menghidupkan AC mobil, lakukanlah pada saat RPM rendah. Posisi RPM (atau rotation per minute) rendah ada pada saat mesin idle, ketika pedal gas tidak kita injak.

Langkah seperti ini perlu kita lakukan bila kita ingin merawat AC. Alasan teknis langkah ini sebenarnya sangat sederhana. Yaitu, untuk menghindari gesekan yang terlalu keras antara pulley dan pressure plate (plat penekan) pada kompresor AC.

Pulley dan pressure plate memang menjadi komponen yang sangat penting dalam sistem kerja AC. Pressure plate adalah komponen yang bertugas sebagai penghubung sehingga poros kompresor AC dapat berputar. Tugas sebagai penghubung itu baru bisa dijalankan setelah pressure plate menempel ke pulley. Pressure plate ini akan mendekati (sampai melekat) ke pulley ketika kita menghidupkan AC.

Masalahnya, pulley adalah komponen yang selalu berputar selama mesin hidup. Dan, putaran pulley itu berubah-ubah. Kadang cepat, kadang lambat. Tinggi rendahnya putaran pulley tergantung kerja mesin. Pulley akan berputar cepat ketika putaran mesin per menit (RPM) tinggi. Sebaliknya, lambat saat putaran mesin per menit rendah.

Dari cara kerja itu kita bisa memperkirakan, kapan waktu yang tepat untuk menempelkan pressure plate ke pulley. Dan kita pun bisa membayangkan apa yang terjadi bila kita menempelkan pressure plate pada saat putarannya sangat kencang. Pada putaran kencang, gesekan antara permukaan pressure plate dan pulley akan sangat keras. Bila kebiasaan ini terus terulang, permukaan gesek dua komponen ini akan cepat aus.

Bila sudah terlanjur aus, efek berikutnya cukup merepotkan: tenaga putar mesin tidak dapat diteruskan secara maksimal ke kompresor AC. Teknisi menyebut kondisi ini dengan istilah slip. Ada dua dampak lanjutan yang umumnya pengendara rasakan bila terjadi slip. Pertama, AC terasa kurang dingin. Kedua, terdengar suara berisik pada kompresor AC.

Dampak yang membuat kita kurang nyaman, bukan? Karena itu, bila ingin menghidupkan AC, lakukanlah pada saat RPM rendah.

AC Mobil Honda Jazz – Call. 0852 5858 6262

AC Mobil Honda Jazz 

 

Masalah yang ditimbulkan pada mobil honda Jazz ini, dimana udara dingin tidak dirasakan masuk dalam kabin penumpang justru yang muncul hanya udara yang berasal dari blower AC dan otomatis di dalam kabin penumpang terasa sangat panas sekali.

Setelah di cek ternyata freon di dalam sistim tinggal sedikit (nyaris habis), maka kita melakukan pengecekkan dan ternyata pada selang 5/8 (selang tekanan rendah) terjadi kebocoran yang sangat halus sehingga perlu penggantian.

Selang 5/8 Orisinil Honda Jazz

Dilakukan juga pengecekan pada selang 1/2 (selang tekanan tinggi) ternyata masih layak pakai maka kita pasang kembali.

Selang 1/2 Orisinil Honda Jazz

Setelah proses pengecekan selang selesai dilakukan pengecekan dan pembersihan condensor yang disertai dengan penggantian filter silika kondensor.

Kondensor Honda Jazz Orisinil

Filter Silika Kondensor

Posisi kompresor honda Jazz saat kondensor dan selang-selang dilepaskan.

Posisi kompresor Honda Jazz

Dilakukan juga pembersihan pada evaporator, dengan melepaskan terlebih dahulu pipa penghubung pada expansi kemudian evaporator dikeluarkan dari dalam box/casing.

Evaporator yang selesai dicek kebocoran….Ternyata masih oke..

Evaporator Honda Jazz

Blower Honda Jazz

Ketika blower dibuka maka akan terlihat di sekitar blower/kisi-kisi, banyak sekali kotoran debu yang menempel dan harus dibersihkan agar perputaran motor blower tidak terhalang oleh banyaknya debu.

Prinsip Kerja AC Mobil Anda – Call. 0852 5858 6262 – PIN. 7E562671

Prinsip Kerja AC Mobil Anda

Sistem kerja AC terdiri dari bagian yang berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan tekanan supaya penguapan dan penyerapan panas dapat berlangsung.Sistem kerja AC dapat diuraikan sebagai berkut :

SISTEM AC MOBIL

  1. Zat pendingin bertekanan tinggi dari kompresor berupa gas.
  2. Zat pendingin yang sudah didinginkan oleh kondensor berubah bentuk dari gas menjadi cair.
  3. Zat pendingin yang telah diturunkan tekanannya oleh katup ekspansi, berubah bentuk menjadi uap.
  4. Zat pendingin yang telah menyerap panas pada evaporator berubah bentuk menjadi gas.
  5. Zat pendingin yang berbentuk gas diberi tekanan oleh kompresor sehingga beredar dalam sistem AC,karena adanya tekanan maka zat pendingin menjadi panas.
  6. Kondensor akan medinginkan zat pendingin tersebut (kondensasi),sementara tekanan zat pendingin masih tetap tinggi dan berubah bentuk menjadi cair.

POSISI PARTS AC MOBIL DALAM SYSTEM

POSISI PARTS AC MOBIL